Articles > Semen di Bali Indonesia

Posted on Nov 20, 2012 by Hans Saputra  | Tags: semen bali  | Comments (3)

Saat ini ada 4 merk semen yang terkenal dipasaran yaitu Gresik, Tiga Roda, Holcim dan Bosowa. Persaingan belakangan ini telah membuat harga dan supply semen lebih terkontrol.

Harga eceran semen saat ini untuk daerah Denpasar dalam kemasan 40kg

Gresik - Rp. 48.000,-

Tiga Roda - Rp. 47.000,-

Holcim - Rp. 47.000,-

Bosowa - Rp. 46.000,-

Sebetulnya apa yang membedakan semen-semen ini? Telah menjadi pertanyaan saya dari beberapa waktu lamanya..

Tipe-tipe Semen

Semen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Standard amerika menyebutkan terdapat 5 tipe semen dari tipe 1 – 5. Perbedaannya terdapat pada komposisi kimia yang disesuaikan dengan kegunaannya.

- Tipe 1 untuk umum.

- Tipe 2 adalah tipe 1 yang ditambahkan sulfate yang berguna untuk tanah yang banyak mengandung sulfur seperti daerah tepi pantai.

- Tipe 3 adalah semen yang mengeras lebih cepat dari semen tipe lain, tetapi dalam jangka waktu lama kekokohannya tidak sebaik semen tipe lain. Semen ini banyak digunakan untuk kontruksi emergensi dan tatakan mesin.

- Tipe 4 adalah semen yang mengeras sangat lambat, biasa digunakan untuk pembuatan bendungan. Semen ini paling kokoh dalam jangka waktu lama.

- Tipe 5 adalah semen yang mengandung kadar sulfate yang tinggi. Semen ini banyak digunakan untuk beton di laut.

Lain hal nya dalam standard eropa. Semen dibedakan menjadi 5 kelas: 1 – 5. Mereka dibedakan dari campurannya.

- I: Portland cement – mengandung portland semen dengan tambahan sampai dengan 5% tambahan material lainnya

- II: Portland-composite cement – mengandung portland semen dengan tambahan sampai dengan 35% material lainnya

- III: Blasfurnace cement – mengandung portland semen dengan tambahan material blasfurnace

- IV: Pozzolanic cement – mengandung portland semen dengan tambahan material pozzolan

- V: Composite cement- mengandung portland semen dengan tambahan material blasfurnace dan pozzolan

Indonesia dalam hal ini lebih condong mengikuti standard eropa.

SNI 15-2049-2004 - Semen portland / Ordinary Portland Cement (OPC)
SNI 15-0302-2004 - Semen portland pozolan / Portland Pozzolan Cement (PPC)
SNI 15-7064-2004 - Semen portland komposit
Semen di Pasar Retail

Semen Tiga Roda yang ada dipasaran pada umumnya adalah Semen Tiga Roda Jenis PCC (Portland Composite Cement) dengan SNI 15-7064-2004
Semen Gresik umumnya dipasaran adalah Semen Gresik Jenis PPC (Portland Pozzolan Cement) dengan SNI 15-0302-2004
Semen Bosowa pada umumnya adalah Semen Bosowa Multi Guna dengan SNI 15-7064-2004
Semen Holcim pada umumnya adalah Semen Holcim Serba Guna dengan SNI 15-7064-2004
Foto dapat dilihat di http://s856.photobucket.com/albums/ab122/hansbali/blogger/

Kalau kita perhatikan diatas, hanya Semen Gresik yang menggunakan SNI yang berbeda. Semen Gresik menggunakan semen tipe Pozzolan.

Pozzolan vs Composite

Semen Porland Komposit menggunakan gips, blast furnace slag, pozzolan, senyawa silikat, batu kapur dan sebagainya dari 6-35% dari total massa portland semen komposit. Semen Portland Pozzolan menggunakan Pozzolan seperti debu vulkanik, debu hasil pemrosesan batu bara, dan sebagainya sebagai bahan tambahan dengan komposisi dari 6 – 40% dari total massa portland semen pozzolan.

Berbagai studi salah satunya oleh National Science Foundation di Srilanka http://thakshana.nsf.ac.lk/pdf/JNSF1-25/JNSF7_1/JNSF7_1_57.pdf menunjukan penggunaan Pozzolan ini membuat beton semakin lama menjadi lebih kokoh dibanding dengan yang tipe lainnya. Maka tidak salah saya rasa Semen Gresik berani memasang moto “Kokoh, Tak Tertandingi”

Mari kita lihat syarat fisika dari kedua SNI ini. Terdapat beberapa syarat fisika yang harus dipenuhi dalam 2 SNI ini seperti kehalusan, kekekalan (pemuaian dan penyusutan), kekuatan tekan, panas hidrasi, kandungan udara dan waktu pengikatan. Dari syarat-syarat yang ada, hanya ada 1 perbedaan dari 2 SNI ini yaitu waktu pengikatan akhir dengan kata lain waktu yang diperlukan campuran semen untuk terbentuk menjadi padatan yang utuh. Komposit memberikan syarat maximal 375 menit, sedangkan Pozzolan dengan syarat maximal 420 menit. Artinya apa? Pozzolan lebih lama mengeras dibanding Komposit.

Pozzolan juga banyak mempunyai keunggulan lain seperti mengurangi retakan, melindungi besi dari karat, mempunyai ketahanan yang lebih lama, dll ( http://www.naturalpozzolan.com/benefits.html).

Info dari pengguna

Selain dari sisi teori, ada perlunya kita melihat seperti apa dilapangan. Saya menggali info dari beberapa tukang bangunan dan pabrik batako. Dapat saya simpulkan, tidak ada perbedaan mendasar. Perbedaan hanya pada waktu campuran semen mengeras atau dalam bahasa ilmiahya waktu pengikatan akhir. Waktu ini saya rasa tidak terlalu penting semasih dalam syarat SNI.

Jadi mana yang lebih bagus?

Dengan berbagai informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa Semen Gresik lah yang terbaik. Pozzolan telah terbukti lebih kokoh dan memiliki beberapa keunggulan dibanding campuran lainnya.

Ketiga semen lainnya dapat disimpulkan mempunyai kualitas yang hampir sama. Perbedaan hanya dimungkinan pada jarak minimum dan maximum dari suatu syarat di SNI. Jarak ini tentunya tidak jauh karena tujuan dari suatu SNI adalah menyeragamkan mutu suatu produk.

Kalau dilihat dari valuenya, belum tentu Semen Gresik yang terbaik. Semen Gresik berbeda Rp. 5.500,- dengan Semen Bosowa atau sekitar 14.2%. Suatu gap yang sangat besar. Apakah 14.2% dari total nilai semen sesuai dengan keunggulannya? hmm..

Ini semakin membuat kita sadar akan perlunya marketing strategy yang handal. Semen Gresik telah membuktikan diri digunakan diberbagai proyek penting seperti yang terakhir jembatan suramadu yang menyambung jawa dan madura. Moto yang digunakan juga sangat mendukung bahwa Semen Gresik yang terkokoh. Hal ini sering dikomunikasikan ke masyarakat melalui iklan dan presentasi-presentasi. Saya belum pernah melihat iklan Semen Bosowa di tv. Saya rasa Semen Bosowa saat ini menggunakan strategi harga termurah untuk meraih pasar.

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/Portland_cement

http://www.bsn.go.id/


Comments (3)

  1. pak putu:
    May 10, 2013 at 03:37 AM

    boleh minta daftar harga semen pak,Perusahaan saya memiliki proyek pembuatan hotel di pecatu..

    makasi

  2. Get This Now:
    Aug 28, 2013 at 12:54 AM

    My brother recommended I may like this blog. He used to be totally right.
    This publish actually made my day. You cann't imagine just how a
    lot time I had spent for this information! Thank you!

  3. buy muscle king pro:
    Sep 17, 2013 at 03:02 PM

    If some one wishes expert view about blogging annd site-building after that i propose him/her to pay a quick visit this website, Keep up the good
    job.


Add a Comment




Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: