Besi Beton Nickel Chrome 20CrNi

Tidak lama lagi akan segera beredar di Indonesia besi beton yang mengandung nickel dan chrome. Saya sangat beruntung dapat hadir pada presentasi besi beton yang mengandung nickel dan chrome ini. Perusahaan yang memproduksinya adalah China Nickel Resources. Sementara ini mereka akan meng-importnya dari China. Pabriknya sedang dibangun di Kalimantan Selatan, dimana tambang besi yang special ini ditemukan.

Sejarahnya, tambang besi ini ditemukan beberapa tahun lalu. Pemerintah Indonesia berusaha menjualnya. Tetapi tidak satu pun pabrik besi yang tertarik karena biji besi nya tidak dapat digunakan. Krakatau steel sebagai salah satu pabrik besi terbesar di Asia Tenggara, juga menolaknya. Pemilik China Nickel Resources melihat kesempatan ini dan mencari suatu teknologi sehingga biji besi ini dapat diolah. Dan kini mereka sudah dapat mengolahnya. Mereka bahkan menemukan kandungan nickel dan chrome pada biji besi di tambang ini, yang mana menjadi keunggulan produk besi mereka. Besi ini mereka disebut 20CrNi. Di tiap besi nya mengandung sekitar 1-2% unsur Nickel dan Chrome.

Ada 2 keunggulan utama dari besi ini: tahan karat dan tahan gempa.

Tahan karat karena terdapat kandung nickel dan chrome ini. Besi mempunyai pori-pori. Melalui pori-pori ini, oksigen masuk sehingga terjadi oksidasi dan membuat besi berkarat. Dengan adanya nickel dan chrome, proses oksidasi menjadi tidak mudah sehingga besi lebih tahan karat.

Mengapa tahan karat itu penting?
Besi ini akan tertanam di beton. Besi yang berkarat akan mengembang. Pengembangan ini akan merusak beton tentunya. Struktur beton dan besi akan menjadi rapuh.

Besi ini juga di claim lebih tahan terhadap gempa. Gempa ada yang vertikal, horizontal dan campuran. Struktur beton yang akan menahan gempa vertikal. Stuktur besi yang menahan gempa horizontal. Untuk menahan gempa besi harus memiliki kekuatan agar tidak mudah patah. Dengan adanya nickel dan chrome ini, hal ini dapat terrealisasi.

Logikanya begini: dengan kandungan nickel dan chrome, sel-sel besi menjadi lebih stabil terutama pada proses produksinya. Fosfor merupakan musuh dalam proses pembuatan besi. Unsur fosfor ini menyebabkan besi mudah patah. Begitu juga pada proses pendinginan. Karena sel-sel besi yang lebih stabil unsur fosfor ini dapat banyak dikurangi, proses pendinginan pun dapat berjalan sehingga menghasilkan sel-sel besi yang lebih rapat.

Harga KATANYA bakal seharga besi KS. Kita tunggu kehadirannya di Indonesia!